Jumat, 16 November 2012

Contoh Esai Informal


Sebagaimana dijelaskan dalam Jenis-Jenis Esai bagian 2, esai informal memiliki cara penyampaian yang unik. Keunikan ini tercermin secara jelas melalui gaya bahasa yang dipakai penulis, atmosfir esai yang rileks, dan sudut pandang yang lebih personal dan subjektif. Berikut adalah sebuah contoh esai informal yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan pelajar terkait dengan strategi sederhana untuk mengatur waktu.

Tak Pernah Punya Waktu?
Sudahkah kalian pikirkan bagaimana kalian akan mengatur waktu tahun ini? Belum?  Tampaknya saat kritis dan kepanikan belum terlalu mengganggu aktifitas kalian karena kaliam belum merasa perlu untuk begadang untuk menyiapkan ujian tengah semester (UTS) atau mengumpulkan tugas-tugas kuliah seperti paper semester atau PR. Umumnya kesibukan mahasiswa dan pelajar belum berlangsung hingga pertengahan Oktober, ketika sebagian besar mahasiswa dan pelajar mulai menjadi gila akibat tekanan atau tuntutan belajar. Ingin tahu tehnik untuk menyeimbangkan waktu kalian secara efektif guna mengurangi tekanan dan tuntutan belajar dalam hidup kalian?  Beberapa saran berikut mungkin perlu dipertimbangkan untuk menghindari stres saat kalian menghadapi ujian sekolah atau saat berbagai aktifitas penting dan studi menjadi begitu menuntut. Jika kalian mulai menjalankan beberapa saran berikut mulai dari sekarang, kalian bisa menghidarkan diri atau sekurang-kurangnya mengurangi tekanan studi yang akan kalian hadapi di saat-saat yang menyibukkan.

Ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk membuat keteraturan saat harus menyelesaikan berbagai tugas, ujian, PR, paper, dan belum lagi kehidupan sosial kalian! Berikut adalah beberapa tip agar kalian berhasil mengatasi tuntutan akademis atau studi dengan badan tetap bugar. Segera lakukan tip berikut maka kesempatan kalian untuk berhasil dan memiliki kehidupan yang seimbang sepanjang tahun akan semakin besar.

Pertama, manfaatkan agenda untuk memastikan perjalanan hidup kalian tetap berada di trek yang benar. Tulis segala sesuatu yang kalian tidak ingin lupakan dari tugas-tugas sekolah/kuliah, tenggat waktu (deadlines) yang penting, sampai kegiatan-kegiatan sosial. Ingatlah untuk selalu membawa agenda ini setiap saat sehingga kalian dapat mengeceknya sebelum kalian berkomitmen untuk melakukan hal-hal lain.

Kedua, buat daftar “Hal yang Harus Dikerjakan” setiap hari, khususnya selama masa ketika kalian sangat sibuk. Daftar semacam ini akan menolong kalian untuk tetap fokus pada tugas-tugas yang harus dikerjakan. Selain itu, daftar ini juga menampilkan kegiatan yang menjadi prioritas sehingga kalian menjadi lebih selektif. Tanyakan pada diri kalian apa yang akan terjadi seandainya kalian tidak mengerjakan sesuatu. Jika jawabannya adalah “Tak ada pengaruhnya”, jangan kerjakan!

Berikutnya, berlatihlah untuk melakukan power nap bilamana perlu. Power nap adalah tidur singkat selama 10 sampai 20 menit yang memungkinkan kalian untuk mendapatkan kesegaran dan semangat lebih.   Tidur singkat ini dapat dilakukan di mana saja seperti di perpustakaan, di mobil, di angkutan umum, di stasiun kereta, di ruang tunggu poliklinik, selain juga bisa dilakukan di rumah atau sofa ruang tamu. Meskipun demikian, jagalah agar kalian tidak ngiler saat tidur singkat semacam ini karena sungguh menjijikkan melihat seseorang bangun dari tidur singkatnya sambil menyeka mulut yang belepotan air liur!

Manfaatkan waktu kalian semaksimal mungkin dengan membaca atau belajar di bus atau di interval waktu antar kelas. Belajar sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit jika kalian memanfaatkan setiap waktu sedikit yang kalian miliki dengan membaca materi sekolah. Hal ini akan memberi keuntungan yang luar biasa sehingga kalian dapat sedikit bersantai saat menghadapi ujian. Yang penting dalam memanfaatkan waktu yang singkat ini adalah kalian memfokuskan pada satu hal pada suatu waktu tertentu.

Hal penting lain yang dapat kalian lakukan adalah luangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari. Orang yang tidak menyediakan waktu untuk diri sendiri umumnya lebih cepat mengalami kelelahan, sedangkan mereka yang suka memanjakan diri biasanya lebih produktif. Kadang ada gunanya untuk menjadi egois dan selama beberapa saat tidak melakukan apa pun. Cobalah untuk berjalan-jalan sore selama 15 sampai 30 menit di taman, atau mendengarkan musik yang kalian sukai, atau membaca buku favorit, atau apa pun yang dapat membuat kalian merasa rileks dan bebas setiap harinya.

Juga hindari untuk memaksa diri melakukan banyak kegiatan dengan belajar mengatakan “Tidak” ketika kesibukan kalian sudah berjimbun. Jauh lebih baik mengecewakan seseorang di awal dari pada mengecewakannya pada menit-menit terakhir atau kalian tidak dapat memenuhi harapan orang lain dari kegiatan yang kalian lakukan.

Akhirnya, kalian harus sungguh-sungguh tahu kapan waktu yang paling menyibukkan dan buatlah prioritas kegiatan dan merencanakan dengan cermat kegiatan apa yang paling menyita energi dan pikiran. Rencanakan pula waktu-waktu luang yang bisa kalian pakai untuk mendapatkan kembali semangat di saat kalian merasa sangat sibuk dan lelah.

Memiliki kendali dan kuasa atas waktu merupakan wewenang mutlak seseorang. Kalian dapat memanfaatkan atau menyia-nyiakan waktu yang kalian miliki. Dengan memraktekkan saran sederhana di atas, kalian tidak akan merasa kekuranang waktu; sebaliknya, kalian akan merasa punya banyak waktu dalam hidup. Dengan mengatur waktu kalian dari sekarang, kalian akan dapat menghindarkan diri dari kesulitan studi atau kegiatan lain yang sangat melelahkan di saat sibuk menghampiri kalian.

Daftar Semua Tulisan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...