Rabu, 28 November 2012

Contoh Esai Literatur

Esai literatur lain dengan tinjauan (resensi). Esai literatur melakukan rekonstruksi atas makna dari sebuah karya sastra. Jenis esai seperti ini jelas lebih rumit ketimbang sekedar tinjauan meskipun keduanya bermaksud untuk mengevaluasi karya sastra. Esai literatur lebih condong berisi komentar atau opini penulis atas sebuah atau beberapa karya sastra dengan memfokuskan pada aspek atau persoalan tertentu. Esai literatur menitikberatkan pembahasan pada unsur-unsur yang membangun karya sastra seperti: alur, karakter dan karaketerisasi, tema, gaya penulisan, nada dan suasana, dan keunggulan khusus dari dari karya yang dibahas. Isinya membahas bagaimana karya ini menjelaskan atau menyinggung suatu persoalan tertentu dengan memakai sudut pandang tertentu dan bagaimana detil-detil karya ini mendukung sudut pandang tersebut. Berikut adalah salah satu contoh esai literatur.

Selasa, 27 November 2012

Contoh Esai Perbandingan


Esai perbandingan adalah esai yang bersifat subjektif yang menunjukkan perbedaan atau persamaan antara dua objek atau hal yang ditulis. Perbandingan ini dijabarkan dan dianalisis melalui penjelasan yang logis. Esai perbandingan sering digunakan untuk merekomendasikan pembaca untuk memilih satu merek dari objek tertentu ketimbang merek lain dengan menunjukkan kelebihan dari merek tersebut. Esai perbandingan dapat memfokuskan pada persamaan atau perbedaan dari dua objek yang ditulis. Berikut adalah contoh esai perbandingan.

Selasa, 20 November 2012

Contoh Esai Sebab-Akibat


Ketika menulis esai sebab-akibat, penulis perlu memberikan penjelasan seberapa spesifik penyebab atau peristiwa yang dapat menimbulkan akibat-akibat tertentu. Dengan kata lain, tugas penulis adalah menunjukkan bagaimana suatu hal mengakibatkan hal lain secara logis dan terukur. Dalam banyak kasus, penulis harus menjelaskan beberapa sebab yang menimbulkan satu akibat, atau bagaimana satu keadaan menjadi sebab dari beberapa akibat. Berikut adalah salah satu contoh esai sebab-akibat.

Contoh Esai Argumentasi

Kali ini kita akan fokuskan perhatian pada esai argumentasi. Sesuai dengan namanya, esai ini berisi opini tentang suatu persoalan yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat dan penulis menyampaikan argumen atas persoalan tersebut berdasarkan pengetahuan dan pandangan yang dia anut. Opini dan argumen yang disampaikan harus didukung dengan data-data yang handal dan disampaikan secara logis dan komprehensif. Esai ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pembaca tentang persoalan yang dibahas yang ditinjau dari kaca mata atau pandangan penulis. Berikut adalah contoh esai argumentasi.

Sabtu, 17 November 2012

Apartments or Houses: Where to Live?

Living in this modern era, there are many choices when it comes to choosing the best place to spend our days and nights. In our always-evolving world, people have high expectations being delivered to them: they will have to study hard, put their best effort while at work, build a decent – if not prosperous – life, and whatever this world defines “success” as. Well, needless to say, to achieve a successful life, people will also need to be supported by appropriate facilities that will enable them to reach their goals. One of them is the place to live in. There are many options when we as people want to look for a residential building: the location, the bucks needed to purchase the place, the facilities/surrounding areas it can offer, etc. These things have then led us into different preferences. Some people may choose to live in a hotel; some others may want to have their own houses, while the rest may feel like they would love to spend their time living in an apartment. Having lived in both a house and an apartment unit, I will now help you to make your choice whether to have your own private yard or share it with your neighbors.

Jumat, 16 November 2012

Contoh Esai Informal


Sebagaimana dijelaskan dalam Jenis-Jenis Esai bagian 2, esai informal memiliki cara penyampaian yang unik. Keunikan ini tercermin secara jelas melalui gaya bahasa yang dipakai penulis, atmosfir esai yang rileks, dan sudut pandang yang lebih personal dan subjektif. Berikut adalah sebuah contoh esai informal yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan pelajar terkait dengan strategi sederhana untuk mengatur waktu.

Rabu, 14 November 2012

Esai Informal


Atas permintaan beberapa teman dan pembaca blog, tulisan kali ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang seluk beluk esai informal. Meskipun struktur dan organisasi gagasan esai informal tidak berbeda dengan esai jenis lain, esai informal memerlukan perlakuan yang sedikit berbeda. Perlu ketrampilan yang terlatih untuk membuat esai informal yang ringan, menarik, namun berbobot. Semoga penjelasan ringkas berikut memberi manfaat bagi kita semua.

Contoh Esai Persuasi


Dalam tulisan berjudul Jenis-Jenis Esai bagian kedua, kita membahas salah satu jenis esai yang digolongkan sebagai persuasi. Esai persuasi tidak hanya memerlukan pembuktian yang meyakinkan tetapi juga penjelasan yang logis dengan landasan yang kuat atas gagasan yang disampaikan. Tujuan utama persuasi adalah meyakinkan pembaca bahwa pandangan penulis adalah benar. Untuk menulis esai persuasi dengan baik, penulis harus menyiapkan gagasan terlebih dahulu secara seksama dan melakukan keberpihakan atas suatu persoalan, menyikapi suatu kasus, mengantisipasi argumen, dan mencari cara bagaimana mematahkan argumen yang bertentangan. Berikut adalah salah satu contoh esai persuasi.

Selasa, 13 November 2012

Contoh Esai Ekspositori


Seperti yang telah dibahas dalam bagian pertama tulisan berjudul Jenis-Jenis Esai, kali ini kita akan mengamati secara lebih detil tentang esai ekspositori. Fungsi utama esai ekspositori adalah untuk menjelaskan/menginformasikan atau untuk memperkenalkan pembaca dengan sesuatu hal.  Esai ini dapat digunakan untuk melukiskan sesuatu, menghadirkan informasi, atau menjelaskan suatu persoalan secara gamblang dan terperinci. Berikut adalah salah satu contoh esai ekspositori.

Rabu, 07 November 2012

Jenis-Jenis Esai (3)


Bagian kedua dari tulisan ini telah membahas empat jenis esai yang pertama. Bagian ketiga, yang juga adalah bagian terakhir dari tulisan ini, akan membahas lima jenis esai lain yang telah disampaikan dalam bagian pertama tulisan. Kelima jenis esai ini akan dibahasa secara berturut-turut, yaitu esai riset, esai literatur (komentar sastra), esai argumentasi, esai sebab-akibat, dan esai perbandingan.

Jumat, 02 November 2012

Jenis-Jenis Esai (2)


Pada bagian pertama tulisan, kita telah melihat ciri-ciri menonjol dari berbagai jenis esai yang kita kenal. Bagian kedua tulisan ini akan mengupas lebih mendalam tentang jenis-jenis esai ini. Secara berurutan tulisan ini akan menjelaskan esai ekspositori, persuasi, informal, tinjauan, riset, literatur, argumentasi, sebab-akibat, dan perbandingan.

Daftar Semua Tulisan: