Sabtu, 29 Desember 2012

Belajar dari Kisah Natal


Cerita Natal punya pesan-pesan yang sangat sederhana, jelas, dan praktis, termasuk bagi mereka yang hidupnya sangat dekat dengan dunia politik. Namun, karena sederhana, pesan yang gamblang itu sering terlupakan, bahkan kerap dianggap remeh. Padahal, jika dimaknai, diyakini, dan dijalankan, pesan itu punya kekuatan mengubah sikap “orang politik.” Perubahan itu adalah sikap yang sebelumnya hanya melayani kepentingan diri sendiri menjadi sikap yang melayani kepentingan rakyat.

Jumat, 28 Desember 2012

Pertumbuhan Ekonomi dan Kerusakan Lingkungan

Meskipun zaman sekarang lebih sering dikatakan sebagai zaman ketika umat manusia dapat membangun tanpa menyebabkan kerusakan pada alam, masih juga terdapat pandangan keras yang menentang anggapan demikian. Pembangunan mengasumsikan pertumbuhan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi tidak dimungkinkan jika tidak ada industri yang rakus mengonsumsi sumber-sumber energi. Saat ini, keragaman barang yang dibutuhkan manusia telah berkembang sedemikian signifikan dibandingkan dengan masa lalu.  Manusia memerlukan kebutuhan hidup yang tidak hanya menyangkut barang-barang primer seperti pangan dan papan tetapi juga beragam fasilitas dan barang-barang mewah lain. Menyediakan manusia dengan barang-barang yang beraneka ini memerlukan eksploitasi sumber-sumber alam. Akibatnya, sumber-sumber energi konvensional yang kita gunakan saat ini menyebabkan polusi sehingga pertumbuhan ekonomi hampir tidak dapat menghindarkan diri dari kerusakan lingkungan.

Kamis, 27 Desember 2012

Perlukah Seragam Sekolah?

Masa sekolah merupakan masa ketika remaja mulai mencari jati diri dan di saat yang sama mulai menyadari keunikan diri mereka. Karena itu, masuk akal bila setiap remaja berusaha untuk tampil paling menonjol di kalangan mereka. Kalau hal ini dikaitkan dengan penampilan, pakaian dan gaya adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk mengekspresikan diri dan tentu saja hal tersebut juga membantu orang lain untuk memahami siapa sebenarnya diri mereka dan mengapa mereka demikian ini.  Meskipun demikian, selalu menjadi perdebatan hangat sampai sekarang apakah kebijakan mengenakan seragam sekolah harus dihilangkan di semua sekolah, baik sekolah negri maupun swasta? Atau, sebaliknya, haruskah seragam sekolah menjadi kebijakan wajib bagi semua institusi pendidikan menengah?  Meskipun ada pro dan kontra tentang persoalan ini, secara pribadi saya meyakini bahwa seragam sekolah harus dikenakan di semua sekolah negri dan swasta.

Jumat, 21 Desember 2012

The Positive Effects of singing

“He who sings scares away his woes.” This quote suggests that singing can make us relaxed and have a pleasant feeling.  That is the reason why people love singing. It does not matter what song you sing, how good or bad your voice is, or where you sing whether on stage or just in your bathroom. People sing to express their feeling in order to ease their burden of the day. Therefore, singing has become one of our favorite activities nowadays. Singing also brings some positive effects for us more than we are aware.  Singing is useful to treat physical and psychological conditions, to increase body immune, and to keep heart health.

Minggu, 09 Desember 2012

Contoh-Contoh Paragraf Pendahuluan

Sebagaimana telah dijelaskan dalam Menulis Pendahuluan Esai, paragraf pendahuluan dapat dibandingkan seperti gerbang yang menyambut pengunjung untuk memasuki sebuah rumah. Demikian pula paragraf pendahuluan. Paragraf ini harus dirancang sedemikan rupa agar menarik bagi pembaca sekaligus menciptakan suasana sambutan yang hangat agar pembaca melanjutkan membaca isi esai. Untuk mempermudah pembelajaran kita, berikut adalah enam tehnik yang dapat digunakan untuk membuka esai kita dengan menarik dan efektif.

Daftar Semua Tulisan: