Rabu, 16 Januari 2013

RSBI: Rusak Sudah Bangsa Ini

Belum lagi reda debat tentang Kurikulum 2013, kini dunia pendidikan dihebohkan oleh keputusan Mahkamah Konstitusi yang memvonis bahwa proyek Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan Sekolah Bertaraf Internasional bertentangan dengan UUD 1945. Kedua perkara itu menarik perhatian masyarakat luas terutama karena nalarnya dinilai tidak nyambung dan bertentangan dengan pemahaman umum tentang tujuan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Salah satu di antara banyak pokok keberatan, baik terhadap Kurikulum 2013 maupun proyek RSBI/SBI, meskipun dimaksudkan untuk peningkatan kualitas, pada praktiknya penghapusan bahasa daerah dan penggunaan bahasa Inggris justru dinilai melemahkan jati diri bangsa.

Senin, 14 Januari 2013

Sayangilah Bumi

Di awal tahun 2013 sebuah perusahaan multinasional mengadakan lomba mengarang yang unik bagi pelajar dari semua tingkatan di seluruh Indonesia. Keunikan lomba mengarang ini adalah bahwa setiap karangan yang dikirim ke panitia lomba berarti sumbangan Rp 10,000 bagi dunia pendidikan di Indonesia. Karena itu, lomba ini tidak hanya mendorong minat pelajar untuk menulis, tetapi juga membangkitkan kesadaran sosial untuk berbagi dengan teman sebaya mereka yang tidak mampu bersekolah karena faktor biaya. Dengan tema “Sayangilah Bumi” para pelajar ditantang untuk menuliskan perasaan dan pendapat mereka tentang bumi dan turut serta dalam upaya menyelamatkan kehidupan di bumi yang kian memprihatinkan.

Minggu, 13 Januari 2013

On Being a Teacher


Some things have happened recently to make me think more about the role of a teacher. My mind keeps turning over the phrase—anyone can teach someone something, but not everyone can be a classroom teacher. I like to think of the role of the teacher as comprised of different parts: teaching is twenty five percent providing information, forty percent guiding the students and thirty five percent getting along with the students.

Rabu, 09 Januari 2013

Menentukan Subjek Esai


Apa yang harus ditulis? Inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh para penulis pemula. Umumnya mereka menghadapi kebingungan dan kekurang-percayaan diri ketika harus diminta untuk menulis. Sebenarnya, pertanyaan ini memiliki jawaban yang tidak terbatas. Anda dapat menuliskan persoalan apa pun yang  dari segala jenis topik: dari persahabatan, politik, sepatu, menjual lilin, sampai esai tentang esai itu sendiri. Satu-satunya persyaratan yang harus dipenuhi adalah bahwa penulis harus cukup memahami topik tersebut sehingga ia dapat membentuk sebuah opini.

Minggu, 06 Januari 2013

The Japanese: Are They Somehow Related to Israelites?


Japan, as we know, is one of the world’s strongest economies in this modern era. It is considered to be successful to develop its finance and stature. Many people from different countries all around the world seem to like and respect Japan and its people. Needless to say, tourists visit Japan everyday and are easily hooked up to their interesting cultures. However, there is something that most of them do not have the knowledge of—and it is certainly as interesting as their daily cultures that the Japanese are most likely related to and influenced by the Israelites. How could it be? Did they come from the same origins? Were the Japanese the descendants of the Israelites? To help you understand things better, I will guide you throughout this short essay. Here we will focus on the similarities of the two cultures. We are going to talk about the shrines and the customs of the Japanese and Israelites as our examples provided that the differences are much more obvious in this modern world.

Sabtu, 05 Januari 2013

10 Langkah Mudah Membuat Esai


Untuk membuat sebuah esai yang berkualitas, diperlukan kemampuan dasar menulis dan latihan yang terus menerus. Pada dasarnya, sebuah esai terbagi dalam tiga bagian: pendahuluan, tubuh esai, dan penutup. Pendahuluan berupa paragraf yang memperkenalkan topik yang akan dikemukakan, berikut tesisnya. Tubuh esai terdiri atas beberapa paragraf (antara dua hingga lima paragraf, tergantung gagasan yang dikembangkan penulis). Penutup esai berupa paragraf kesimpulan. Berikut adalah 10 langkah mudah dalam menulis sebuah esai.

Jumat, 04 Januari 2013

Lebih Jauh tentang Esai


Sebuah esai adalah sebuah komposisi prosa singkat yang mengekspresikan opini penulis tentang subjek tertentu. Sebuah esai dasar dibagi menjadi tiga bagian: pendahuluan yang berisi latar belakang informasi yang mengidentifikasi subjek bahasan dan pengantar tentang subjek; tubuh esai yang menyajikan seluruh informasi tentang subjek; dan terakhir adalah konklusi yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dari tubuh esai, atau menambahkan beberapa observasi tentang subjek.

Kamis, 03 Januari 2013

Jalan-Jalan di Taman

Tinggal di kota tidak mudah, bahkan bagi mereka yang dilahirkan di lingkungan industri dengan jalan raya yang selalu padat, dengan pusat-pusat perbelanjaan yang besar, angkutan perkotaan yang simpang siur, dan pabrik-pabrik yang mencemari lingkungan. Saya lahir dan besar di Dallas. Jadi saya tahu persis bagaimana lalu lintas yang padat dan jalan raya yang saling bersimpangan dan bertumpuk-tumpuk. Meskipun demikian, sebelum saya pindah ke New York, saya sepertinya kurang siap untuk hidup di kota yang dijuluki the Big Apple ini.  Saya suka New York, tetapi kadang-kadang saya berpikir kota ini terlalu berlebihan sehingga saya harus mengasingkin diri dari kebisingan kota untuk membebaskan pikiran dari segala rutinitas yang mengkhawatirkan, untuk menghilangkan kepenatan pikiraan dan mengingatkan diri saya bahwa saya masih harus menempuh perjalanan panjang menuju keberhasilan dengan menggapai impian-impian saya meskipun saya tahu betapa sulit dan menantang untuk mencapainya.

Rabu, 02 Januari 2013

Learning in High School vs. Learning in College

High school students are usually eager to graduate and continue their study in college. Being a college student seems to be exciting and high school students are impatiently looking forward to it. However, most of the time college students dream of being a high school student back again. “If I could just go back to high school again” is a common expression heard especially in the first semesters of college. What makes both high school students and college students think so? What are the differences between learning in high school and learning in college? Some of the many aspects of differences in learning in high school and learning in college are: the responsibility, the teachers, and the tests.

Selasa, 01 Januari 2013

Keluarga! Keluarga!


Desember 2012 adalah bulan yang diwarnai banyak perayaan dan pesta. Pada saat yang sama, banyak kejadian yang mengenyak rasa kemanusiaan. Salah satunya, pembantaian 20 bocah dan 6 orang dewasa oleh seorang remaja bernama Adam Lanza. Lebih gila lagi, pembantaian dilakukan setelah dia membunuh ibunya sendiri.

Daftar Semua Tulisan: