Rabu, 20 November 2013

Paus Tentang Korupsi



Kompas online Rabu, 13 November lalu, mengutip kotbah pemimpin umat Katolik sedunia Paus Fransiskus yang menyorot perilaku umat yang tak terpuji dan dibenci Allah, yaitu korupsi. Berbagai pihak menduga kotbah ini merupakan otokritik kepada institusi gereja dan Vatikan yang belakangan diterpa isu tidak sedap akan perilaku korup yang dicurigai dilakukan oleh beberapa pejabat gereja dan Vatikan. Ada tiga hal menarik yang dapat disimak dari kotbah korupsi ini. Ketiga hal tersebut terkait dengan hukuman bagi koruptor, orang tua yang korup, dan perilaku koruptor.

Jumat, 15 November 2013

Memahami Afrika Melalui Sastra

Sampai pertengahan abad 20, Afrika adalah wilayah peradaban di bumi dengan banyak misteri yang tersembunyi. Tradisi, struktur dan sistem sosial, adat-istiadat, dan pola pikir masyarakatnya tidak diketahui dan dipahami oleh dunia luar. Bahkan negara-negara Eropa seperti Inggris dan Prancis yang menjajah Afrika selama ratusan tahun tidak mampu memahami nilai-nilai dan sistem kemasyarakatan yang dianut oleh ribuan suku yang menghuni benua terluas ke tiga di dunia ini. Keadaan semacam ini memberi kesan ketertutupan yang semakin diperparah dengan penilaian dari kaca mata dunia luar tentang Afrika sebagai peradaban yang terbelakang, miskin, dan superstitious.

Jumat, 08 November 2013

Sampai Kapan Kemacetan ini Berakhir?

Tiga hari terakhir ini, sejak pemberlakukan sterilisasi jalur bus transjakarta, para pengguna jalan di Ibu Kota semakin merana. Kemacetan parah di jalur regular semakin menjadi-jadi. Perjalanan yang hanya berjarak enam kilometer ditempuh dalam waktu satu jam! Ini menjadi bukti nyata bahwa Ibu Kota tidak memiliki sistem transportasi yang jelas. Keadaan ini juga sekaligus mengonfirmasi apa yang sepuluh tahun lalu telah diprediksi dan diingatkan oleh para pakar transportasi bahwa Jakarta akan macet total di 2014, yang nota bene tinggal 8 minggu lagi.

Daftar Semua Tulisan: