Kamis, 22 Mei 2014

Tawuran Pelajar (Lagi!)

Lagi. Untuk kesekian kali, seorang pelajar harus meregang nyawa akibat dikeroyok pelajar lain dalam tawuran brutal antarpelajar di Jalan Letjen Suprapto Bungur Senen Jakarta Pusat (19 Mei 2014). Tragis. Aditya Alfian (16), pelajar SMK 1 Budi Utomo, yang terlibat dalam tawuran dengan SMK Poncol 65 dan SMK Taman Siswa harus mengakhiri hidupnya karena sabetan clurit teman sebayanya. Ironis. Harapan dan cita-citanya menguap di jalanan ibu kota.

Jumat, 16 Mei 2014

Ketika Pejabat Marah



Berita menarik minggu ini diawali dengan Bu Risma, walikota Surabaya, yang mencak-mencak saat mengetahui Taman Bungkul yang dibangun dengan uang rakyat dan cucuran keringat Pemkot Surabaya rusak akibat kegiatan bagi-bagi es krim gratis oleh sebuah produsen es krim ternama yang berlangsung pada Minggu, 11 Mei 2014. Kegiatan  yang melibatkan puluhan ribu masa ini memorak-porandakan  Taman Bungkul yang menjadi salah satu ikon kota Surabaya dan tahun lalu dinobatkan sebagai taman kota terbaik seAsia dalam tempo singkat. Wajar bila sang empunya marah besar atas taman yang dibangun dengan tak kurang dari 1,5 milyar uang rakyat.

Jumat, 09 Mei 2014

Perilaku Kekerasan di Sekolah

Perilaku kekerasan yang makin marak dilakukan oleh remaja telah menunjukkan tingkat yang sangat memprihatinkan. Indikasinya, perilaku ini sudah merambah semua lini dan sendi kehidupan bermasyarakat, tak terkecuali dunia pendidikan. Bahkan, yang lebih menyedihkan, pendidikan dasar yang dimaksudkan sebagai fondasi pembentukan karakter juga telah tercemar oleh praktek-praktek kekerasan. Sekolah sebagai persemaian perilaku berbudi pekerti telah dinodai oleh berbagai perilaku kekerasan hingga menimbulkan korban jiwa.

Daftar Semua Tulisan: